Mengenal Ciri Kulit Melasma dan Cara MengatasinyaMengenal Ciri Kulit Melasma dan Cara Mengatasinya

Melasma merupakan jenis penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak hiperpigmentasi  pada wajah . terkadang , bercak ini juga dapat terlihat pada daearah  yang sering terpapar sinar matahari seperti leher dan lengan bawah. Meski sama sekali tidak berbahaya, faktanya melasma  mampu membuat banyak perempuan merasa tidak nyaman akibat terganggu dengan noda bercaknya. Hal in bisa terjadi pada siapa saja, masalah kulit melasma juga dapat disembuhkan kamu bisa menempuh berbagai cara untuk mengatasinya.

Masalah kulit melasma belum diketahui penyebabnya, tetapi ada salah satu faktor masalah kulit ini yakni kerusakan melanosit atau sel warna pada kulit. Selain itu melasma juga bisa disebabkan karena sinar matahari, perubahan hormon saat kehamilan, stres atau penyakit  tiroid. Melasma sering disebut sebagai mask of pregnancy karena biasanya terjadi pada ibu hamil.

Sinar UV dari matahari merangsang melanosit. Bahkan, hanya sedikit paparan sinar matahari dapat membuat melasma kembali setelah memudar. Paparan sinar matahari juga menjadi alasan kenapa melasma akan memburuk kondisinya di musim panas. Ini juga merupakan alasan utama mengapa banyak orang dengan melasma mengalami kembali ke fase permasalahan kulit melasma. Selain itu, perempuan yang sedang hamil lebih sering mengalami melasma karena tingginya produksi hormon. Pil KB dan obat-obatan pengganti terapi hormon semua dapat memicu melasma.

Ciri-ciri Melasma

  • Bercak melasma timbul diarea pipi, dagu, hidung, bibir bagian atas dan dagu
  • Bercak dengan warna lebih gelap dari kulit
  • Bercak melasma dapat jjuga timbul pada bagian yang sering terpapr sinar matahari seperti bahu, lengan, dan leher.
  • Masalah kulit melasma tidak menibulkan rasa sakit dan gatal, namun bisa terjadi kemerahan dan peradangan.

Cara Menghilangkan melasma

Bercak melasma sebenarnya bisa memudar dan hilang dengan sendirinya. Ini bisa terjadi ketika faktor pemicu melasma dihilangkan, namun tidak sedikit orang yang memilih perawatan medis untuk mengatasi melasma. Karena beberapa treatment untuk menghilangkan melasma dapat lebih ampuh dan dengan waktu yang lebih cepat dari cara non medis. Berikut ini adalah treatmment atau perawatan medis yang dapat kamu lakukan di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi.

  1. Laser CO2 Fractional

Laser CO2 adalah prosedur kecantikan yang menggunakan gas karbon dioksida dan laser untuk meratakan kulit. Teknologi laser yang bersifat ablatif ini bekerja pada lapisan permukaan kulit untuk memperbaiki kualitas, tekstur dan meregenerasikan kulit. Laser ablatif sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat, dan hasilnya akan langsung terlihat saat satu kali tindakan.

Laser CO2 Fraksional berfungsi  untuk menghilangkan kutil, tahi lalat, milia, syringoma, keratosis seboroik hingga tumotr jinak pada kulit. Selain itu, Laser CO2 Fraksional juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya :

  • Membuat kulit tampak cerah dan halus
  • Memperbaiki bekas jerawat
  • Memperbaiki tampilan pori-pori
  • Mengatasi kerutan pada tanda penuaan
  • Mengatasi stratch mark dan Melasma
  • DNA Salmon

DNA Salmon yang disuntikan kedalam kulit dapat memberikan efek regenerasi dan menyehatkan kulit, meringankan acne, memperbaiki tekstur dan keelastisan kulit. Perawatan ijnjeksi ini dikatakan akan meningkatkan produksi kolagen sehingga tanda penuaan akan memudar secara alami. Kulit yang lebih cerah dan lembab akan terlihat hasilnya setelah treatment.

Berdasarkan dari jumlah penelitian menyatakan bahwa penggunaan krim mengandung DNA Salmon dapat membantu penyembuhan pada luka bakar, mempercepat penyembyhan luka dengan cara meningkatkan pembentukan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke kulit. Kandungannya bekerja pada lapisan dermis juga merangsang pertumbuhan sel fibroblast yang secara aktif meningkatkan produksi kolagen. Nantinya, ketebalan dan kepadan jaringan kulit  dapat meningkat sehingga wajah terlihat lebih sehat dan natural.

  • Infus Brightening

Suntik vitamin C digunakan ketika kadar vitamin C dalam tubuh seseorang perlu ditingkatkan dengan cepat atau jika suplemen oral tidak dapat dikonsumsi karena penyerapan yang buruk dalam diri seseorang.

  • Menjadikan Kulit Lebih Glowing

Yang membuat banyak orang ingin melakukan prosedur ini adalah menjadikan kulit tampak lebih cerah dan glowing secara instan. Terdapat sejumlah referensi yang memaparkan efek Vitamin C dalam menghambat pembentukan melanin. Itulah yang berpengaruh pada pigmentasi kulit dan membuatnya terlihat lebih glowing.

  • Membentuk Kolagen

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk proses pembentukan kolagen dan juga perbaikan pada sel-sel kulit. Kolagen merupakan protein di tubuh yang mampu menguatkan struktur dari tubuh. Kolagen ini terdapat pada otot, kulit, tgulang, juga tendon. Selain itu tubuh yang tidak mendapatkan asupan Vitamin C mampu menyebabkan risiko terhadap struktur kolagen.

  • Menjaga Klualitas Kecantikan

Vitamin C untuk kulit menjaga kecantikan dan meningkatka sirkulasi darah. Vitamin C menyingkirkan oksigen aktif dan mencegah penuaan kulit, serta menyamarkan flek hitam pada kulit. Vitamin C juga mengurangi produksi melanin dan mencegah tindakan enzim tirosinane. Hal ini membatasi metabolisme melanin dan mencegah pembentukan pembentukan penodaan melanin.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI