Sejarah Sumpah Pemuda dan Peran Penting Kesehatan Pemuda dalam Kemajuan Bangsa

Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sendiri di antaranya nilai kegotongroyongan, patriotisme, musyawarah, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan, kekeluargaan, cinta damai, dan tanggung jawab.

Lahirnya Sumpah Pemuda bermula dari Kongres Pemuda II yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda.

Di antaranya Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi. Kongres ini dilaksanakan di tiga gedung serta tiga rapat yang berbeda untuk menghasilkan Sumpah Pemuda:

Berikut ini adalah isi dari Kongres Sumpah Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 :

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Mengingat hal demikian, peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa memiliki beberapa peran yang harus dilakukan oleh pemuda.

Mewujudka Perubahan

Peran pemuda sebagai generasi penerus pertama dapat dilihat dari peran pemuda sebagai agen perubahan. Artinya pemuda memiliki peran untuk menjadi pusat kemajuan bangsa itu sendiri. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui pembekalan perubahan lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju arah yang lebih baik di masa depan. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa ada pernyataan seperti peran pemuda sebagai generasi penerus karena yang menentukan kemajuan negara di masa depan adalah generasi muda melalui keberhasilan perubahan positif yang dapat dilakukan.

Salah satu kunci sukses sebagai agen perubahan tentunya adalah keyakinan yang dimiliki oleh generasi muda, artinya generasi muda harus percaya dengan apa yang dimiliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar.

 Pemuda dan Semangatnya

Pemasangan semangat perjuangan yang tinggi pada generasi muda baik sekarang maupun dulu. Hal-hal yang dapat dilakukan antara lain selalu berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih prestasi yang membanggakan bangsa Indonesia di mata dunia, menghilangkan semangat mudah menyerah, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan lain sebagainya. Apalagi semangat pemuda dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional, seperti dengan menyampaikan ide-ide pembangunan baru dan keinginan untuk terlibat langsung dalam pembangunan bangsa. Walaupun kegagalan sering dialami oleh para pemuda Indonesia, namun penting untuk diingat untuk tidak mudah menyerah karena kegagalan adalah awal dari sebuah kebangkitan dan juga kesuksesan.

 Pemuda yang Sehat

Sebagai pemuda generasi bangsa harus mempersiapan diri untuk melanjutkan cita-cita menuju kemasa depan. Karenanya, kesehatan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam hidup. Kehidupan hanya bisa berlangsung dengan baik apabila kita dalam keadaan sehat. Sebaliknya, dalam keadaan tidak sehat seseorang tidak dapat melakukan kegiatan hidup dengan baik.

Terlepas dari itu pemuda generasi penerus yang akan membawa perubahan dan melanjutkan tonggak estafet kehidupan dari generasi sebelumnya, tenu saja soal keamanan dan kemajuan negara di masa sekarang dan masa depan  dipengaruhi oleh kualitas pemuda itu sendiri. Sebagai pemuda yang menginginkan kemajuan harusnya dimulai dari diri sendiri.

Pemuda yang hebat tentu tidak hanya cerdas dan kuat, tetapi juga harus sehat, cerdas tidak hanya terbatas dengan kata pintar, tetapi juga pemuda yang bijak dalam mengaplikaskan ilmunya dengan tepat dan saling peduli satu sama lain.

Untuk menjadi hebat tentu saja diperlukan tubuh yang sehat. Jadi, mulai dari sekarang pemuda harus berusaha lebih kuat, menerapkan pola hidup sehat untuk menjadi pemuda yang hebat.

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI