Apakah Overthinking Dapat Mengganggu Kesehatan?

Berpikir sebelum melakukan sesuatu merupakan hal yang wajar dan perlu. Namun jika memikirkan sesutau hingga berlarut-larut dan mengorbankan banyak waktu dan tenaga itu yang tidak wajar. Jika itu terjadi kemungkinan kamu sedang mengalami overthinking. Kamu juga pasti pernah memikirkan semua hal yang akan dilakukan secara berbeda-beda dan menebak-nebak keputusan yang akan diambil. Sering kali saat kamu memikirkan hal yang akan kita lakukan atau kerjakan pasti memikirkan dan membayangkan semua skenario terburuk dalam hidup baik itu yang prioritas untuk dipikirkan atau tidak.

Overthinking itu bermacam-macam, mulai dari mikirin sesuatu yang telah terjadi, yang sedang terjadi, sampai yang akan terjadi. Itu semua bisa disebabkan karena sakit hati, rasa malu sampai cemas berlebihan yang kamu miliki. Overthinking itu ditujukan bagi orang-orang yang terlalu banyak berpikir, artian banyak berfikir ini bukan dalam arti memikirkan rumus atau ilmu-ilmu lain tapi berpikir tentang suatu hal-hal ringan secara berlebih yang membuat kita cemas, bingung dan lain-lain. Overthinking itu adalah tindakan memikirkan masalah, sementara dalam hal pemecahan masalah melibatkan mencari solusi secara berlebihan

Mungkin dalam beberapa kasus ada orang yang tidak sadar bahwa dirinya sedang overthinking karena menganggap itu hal biasa yang dilakukannya. Sayangnya, sikap overthinking ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan jika terus-menerus dilakukan.

Apakah kamu termasuk yang memiliki masalah dengan kebiasaan overthinking? Dalam beberapa kesempatan, kebiasaan overthinking ini akan membantu karena membuatmu berpikir lebih dalam ketika mengambil keputusan. Sehingga pada akhirnya kesalahan dalam bertindak bisa diminimalkan. Sayangnya, sikap overthinking ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan jika terus-menerus dilakukan.

Insomnia

Masalah yang sederhana bisa menjadi sangat rumit jika kamu memiliki kebiasaan overthinking. Sehingga pada akhirnya ini akan mengganggu jam tidurmu karena alam bawah sadarmu terus menerus berpikir. Kamu akan mengalami insomnia, bahkan saat tidur pun bisa jadi tidak nyenyak karena otakmu sulit untuk diajak beristirahat.

Gangguan Pencernaan

Overthinking dapat memicu stres, yang kemudian bisa berimbas pada gangguang pencernaan. Saat kamu overthinking, kerja sistem pencernaan akan menurun dan menyebabkan beberapa masalah pencernaan seperti penyakit radang usus, sindrom iritasi usus besar, perubahan pada mikrobiota usus, dan sekresi lambung.

Jerawat

Akibat dari stres karena overthinking, kamu juga bisa mengalami masalah kulit seperti kulit sensitif (kemerahan), kering, dan berjerawat.

Ketika overthinking itu malah sulit untuk mendapat pemecah masalah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang overthinking merasa bahwa mereka sedang mencoba memahami dan memecahkan masalah mereka. Nyatanya overthinking malah tidak menyelesaikan permasalahan karena seringkali kamu hanya merutuki kesalahan dan permasalahan yang ada. Contohnya ketika bertengkar dengan sesorang, kamu malah memikirkan kesalahan yang sudah diperbuat bukan malah mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Agar terhindar dari overthinking itu kamu harus meyakinkan bahwa masalah yang terjadi tidak melulu karena kesalahan yang kamu perbuat, jika itu masih menganggu pikiran mungkin saat akan tidur bisa membaca buku beberapa halaman agar terhindar dari overthinking.

Review by : dr. Novi Arlisma

Rp125.000

Mencerahkan kulit wajah secara merata dengan bahan active whitening

Rp135.000

Diperkaya dengan bahan aktif pencerah dan moisturizer yang menjadikan kulit tampak lebih putih secara merata serta merawat kulit agar tetap lembut, halus dan tidak kering.

Rp110.000

Diperkaya dengan kandungan aloevera mumbantu melembabkan dan melembutkan kulit wajah

Rp100.000

Mencerah kulit dan mengecilkan pori-pori

Rp125.000

Mencerahkan kulit wajah secara merata dengan bahan active whitening

Rp100.000

Khusus untuk menghilangkan jerawat, mengobati implamasi pada kulit pasca treatment

Rp100.000

Krim wajah yang digunakan pada pagi dan siang hari untuk melindungi wajah dari efek sinar matahari berlebih. Dengan pemakaian teratur membuat wajah terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI