Fakta Seputar Premenstrual Syndrome (PMS) yang Harus Kamu Tahu!

Menstruasi adalah suatu siklus normal yang terjadi pada wanita. Hal ini terjadi dari wanita memasuki masa pubertas hingga menopause. Di masa lalu, banyak orang yang percaya pada mitos, karena kurangnya pengetahuan akan hal tersebut. Penyebaran mitos umumnya terjadi karena pengaruh dari keluarga atau budaya.

Umumnya, menstruasi (haid) pertama terjadi pada perempuan di usia 11-14 tahun. Namun, bisa juga terjadi pada mereka yang berusia di bawah 10 tahun atau di atas 16 tahun. Perbedaan waktu terjadinya menstruasi pertama ini berkaitan dengan beberapa faktor seperti pola makan, tingkat stres, aktivitas fisik, kadar lemak tubuh, gaya hidup, dan juga keturunan.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ternyata kamu mendapatkan menstruasi lebih dulu dibanding teman-temanmu atau merasa terlambat dibanding temanmu. Karena banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya menstruasi pertama ini. Kamu juga tidak perlu malu ya buat ngobrol masalah menstruasi dengan teman-temanmu, karena semua perempuan nanti pasti mengalaminya.

Salah satu hal yang perlu diantisipasi sebelum menstruasi datang adalah munculnya Premenstrual Syndrome atau dikenal dengan istilah PMS. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Hal-hal yang bisa terjadi saat PMS antara lain kram perut atau nyeri haid, perut kembung, badan terasa lemas, pusing, dan perasaan yang lebih senstif. Tingkat keparahan PMS setiap orang berbeda-beda dan sangat mungkin untuk tidak terjadi setiap bulan.

Jika kamu mengalami kram perut atau nyeri haid menjelang menstruasi, kamu misa mengkompres area perut dengan menggunakan air hangat. Beberapa obat pereda nyeri haid juga bisa didapatkan di apotek. Namun apabila kamu mengalami nyeri haid yang berlebihan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Wajah dan Rambut Berminyak

Sebelum menstruasi, kadar hormon testosteron di dalam tubuh kita sedang meningkat drastis. Kemudian saat menstruasi datang, hormon tersebut menurun dan disusul degan naiknya kadar hormon estrogen dan progesteron. Inilah yang kemudian memicu produksi sebum berlebih pada wajah dan rambut. Jadi, jangan heran jika saat menjelang masa menstruasi kamu akan mendapati wajah dan rambutmu jadi lebih berminyak dari biasanya. Untuk mengontrol minyak berlebih di wajah dan rambut, kamu harus rutin cuci muka dan  keramas lebih terarur ya Sahabat NOVI’S.

Timbul Jerawat

Akibat dari meningkatnya hormon esterogen dan progesteron adalah memicu produksi sebum berlebih, hal ini mendorong naiknya jumlah bakteri P. Acnes yang diketahui sebagai bakteri penyebab jerawat. Jadi, jangan heran kalau di masa ini jerawat lebih mudah untuk berdatangan di wajah dan area tubuhmu.

Untuk mengontrol minyak berlebih dan jerawat yang berdatangan di wajah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  1. Kurangi kebiasaan memegang wajah dengan tangan, karena ini akan mentransfer debu dan kotoran yang ada di tangan untuk pindah ke wajah sehingga membuat jerawat semakin meradang.
  2. Jaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah dua kali sehari. Pilih pembersih wajah yang mampu mengontrol minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat.
  3. Kebersihan barang-barang yang ada di sekitarmu juga perlu diperhatikan ya Sahabat NOVI’S. Salah satunya yaitu HP, karena HP ini biasanya yang selalu kamu bawa ke mana pun kamu pergi bahkan terkadang sampai ke kamar mandi.

Selain itu kamu juga perlu sesering mungkin menjaga kebersihan baju dan mengganti seprai serta sarung bantal agar terhindar dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

Review by : dr. Novi Arlisma

Rp75.000

Membersihkan dari minyak berlebih dan sisa make-up

Rp75.000

Menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering

Rp125.000

Kandungan AHA membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati

Rp60.000

Pembersih untuk kulit yang mudah berjerawat non-minyak - tidak menjadikan kulit kering

Rp60.000

Pembersih sekaligus pencerah wajah yang mampu mengeksfoliasi kulit secara lembut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI