Keistimewaan Aloevera untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Tumbuhan lidah buaya, atau yang biasa dikenal dengan aloe vera ini sudah sering kita temui menjadi salah satu kandungan di berbagai produk perawatan wajah. Hal ini karena tumbuhan yang berisi gel ini diketahui dapat merawat kulit wajah hingga menyembuhkan berbagai masalah kulit. Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu bahan yang didapatkan dari bagaian daging daun lidah buaya mengandung berbagai manfaat kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit.

Terdapat kandungan polysaccharides dalam aloevera yang dapat membantu memperbaiki lapisan kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit. Selain itu, kandungan carboxypeptidase di dalamnya bertindak sebagai pain reliever yang dapat menenangkan kulit yang lelah dan bekas terbakar matahari. Kandungan tersebut juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit akibat inflamasi.

Aloevera juga mengandung hormon giberelin dan polisakarida yang bertindak sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Adapun kandungan antioksidan, serta vitamin dan mineral lainnya yang dapaty membantu mengurangi rasa nyeri pada kulit yang sedang mengalami peradangan akibat inflamasi atau jerawat. Anti inflammatory pada gel-nya juga bisa bantu meredakan jerawat yang aktif.

Fibroblas proses sintesin produksi serat elastin yang ada pada gel aloe vera dapat memberikan efek pada kulit agar tidak keriput. Selain itu, dalamgelnya aloevera juga kaya akan kolagen. Kolagen merupakan kandungan yang bermanfaat untuk regenerasi sel kulit dan mengencangkan kulit. Sementara itu, kandungan seng pada aloevera juga bertindak sebagai zat yang dapat mengencangkan pori-pori dan antioksidannya, seperti vitamin C dan E, yang dapat bantu mencegah adanya pembentukan radikal bebas.

Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan

  1. Menutrisi Rambut

Punya masalah dengan rambut yang mudah kusut dan rontok? Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan aloe vera. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan getah aloe vera sebagai masker rambut. Gunakan masker rambut dengan aloe vera 2-3 kali dalam seminggu sebelum keramas selama 30 menit. Ini akan menutrisi kulit dan membuat rambutmu jadi lebih kuat, halus, dan mudah diatur.

  1. Melembapkan Kulit

Tidak hanya menghidrasi tubuh, aloe vera juga bisa menghidrasi kulit sehingga membuat kulit jadi lembap. Faktor inilah yang menjadi alasan aloe vera sering digunakan dalam produk kecantikan.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan kalsium dan antioksidan dalam aloe vera dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit yang berperan untuk menghasilkan zat keratin di dalam kulit dan memperkuat jaringan kulit.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Tidak hanya melembapkan kulit, aloe vera juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit jadi lebih halus. Sel-sel kulit mati yang terangkat juga membuat kulit jadi lebih sehat, tampak lebih cerah dan bercahaya.

  1. Menutrisi Kulit

Manfaat aloe vera lainnya untuk kecantikan adalah merupakan sumber vitamin A, C, dan E, dan merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas karena paparan polusi. Tidak hanya itu, aloe vera juga mengandung enzim yang dapat menutrisi kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Review by : dr. Novi Arlisma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI