Hal Penyebab Menumpuknya Sel Kulit Mati

Kulit menghasilkan jutaan sel yang berganti setiap 28-30 hari. Nah, proses pergantian yang dinamakan regenerasi ini, bekerja dengan cara mendorong sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori ke permukaan kulit wajah. Tujuannya, agar sel kulit mati tersebut dapat segera dibersihkan dan permasalahan kulit, seperti komedo, kusam, jerawat, dan pori-pori tersumbat dapat dicegah.

  1. Tidak melakukan double cleansing

Wajah yang dibersihkan secara asal-asalan masih menyisakan debu, kotoran minyak, dan polusi di pori-pori. Alhasil, proses regenerasi kulit pun jadi terhambat dan membuat sel kulit mati menumpuk pada wajah. Makanya, pastikan wajahmu telah dibersihkan menggunakan metode double cleansing agar kamu terhindar dari permasalahan kulit.

  1. Malas eksfoliasi

Pasalnya, kulit yang nggak pernah dieksfoliasi menyebabkan sel kulit mati tersumbat dan menumpuk di pori-pori. Lama-kelamaan, komedo dan whitehead akan timbul, serta bikin wajah jadi bertekstur. Biar kulit terlihat lebih bersih, jangan lupa eksfoliasi kulit seminggu sekali

  1. Cuaca

Ternyata, faktor cuaca turut menjadi penyebab sel kulit mati lho! Soalnya, cuaca yang terlalu ekstrim, seperti sangat dingin atau sangat panas bikin kadar kelembapan kulit berkurang. Terlebih lagi kalau Teman Senka malas menggunakan pelembap, kulit akan semakin kering dan memicu menumpuknya sel kulit mati. Untuk itu, yuk, rutin gunakan pelembap supaya wajah tetap lembap, serta proteksi kulit pakai suncare di pagi hingga sore hari agar terlindungi dari paparan sinar matahari berlebih.

  1. Usia

Seiring bertambahnya usia, produksi minyak di wajah jadi berkurang karena regenerasi sel melamban (lebih dri 30 hari). Dampaknya, wajah pun jadi semakin sedikit memproduksi minyak, sehingga cepat kering, bersisik, dan gatal, yang berujung pada menumpuknya sel kulit mati. Untuk merangsang proses regenerasi, lakukan eksfoliasi secara rutin

  1. Hilangnya kadar minyak

Semakin kering wajah saat dibersihkan, maka biasanya timbul perasaan senang karena wajah terasa bersih. Namun, ternyata, kebiasaan ini bukanlah hal yang baik. Menghilangkan kadar minyak sampai benar-benar kering memancing produksi minyak berlebih di wajah dan memicu penumpukan sel kulit mati di wajah.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Botox dengan Filler Treatment

  1. Kulit terlalu kering

Seperti yang udah Senka jelaskan di poin sebelumnya, wajah yang terlalu kering faktanya dapat memicu penumpukan sel kulit mati. Hal ini dikarenakan kulit kehilangan kemampuannya dalam mempercepat proses regenerasi sel. Sehingga, kotoran yang harusnya terangkat ke permukaan teratas kulit, malah terjebak dalam pori-pori.

Untuk mencegahnya, hindari membersihkan wajah memakai air panas terlalu sering, konsumsi makanan yang kaya antioksidan, serta gunakanlah pelembap yang sesuai tipe kulit agar kadar kelembapan terjaga dan kulit pun tetap sehat.

Untuk mengantisipasi wajah terlihat kering setelah dibersihkan, rawatlah kulit agar selalu sehat dan menawan dengan menggunakan pembersih wajah yang tidak meninggalkan sensasi kering ketarik, seperti NOVI’S Facial Scrub Brightening.

Review by : dr. Novi Arlism

Rp75.000

Membersihkan dari minyak berlebih dan sisa make-up

Rp75.000

Menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering

Rp125.000

Kandungan AHA membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati

Rp60.000

Pembersih untuk kulit yang mudah berjerawat non-minyak - tidak menjadikan kulit kering

Rp60.000

Pembersih sekaligus pencerah wajah yang mampu mengeksfoliasi kulit secara lembut

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI