Makanan Pemicu Timbulnya Masalah Jerawat

Setiap orang pasti pernah memimpikan kulit yang bersih dan bebas dari masalah jerawat. Wajah yang bersih dari jerawat bukan hanya menandakan keadaan kulit wajah yang terawat dengan baik, tetapi juga menandakan bahwa pemiliknya peduli akan kesehatan dan penampilan wajahnya.

Bicara soal jerawat, ada banyak sekali faktor penyebab kemunculan jerawat. Bukan dari faktor kebersihan kulit, stres, atau produk skin care yang digunakan saja, tetapi faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga ikut berpengaruh. Apa saja makanan penyebab jerawat dan cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Makanan Cepat Saji

Produk makanan cepat saji menjadi hal pertama yang masuk ke dalam makanan yang menyebabkan jerawat dan perlu kamu hindari. Pasalnya, makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, hingga sosis dan burger memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi serta kandungan yang belum terjamin kualitas serta kesehatannya. Hal ini juga dibuktikan oleh riset dari Journal of the European Academy of Dermatology yang mengatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji memiliki 24% risiko lebih besar terkena jerawat dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Makanan Berminyak dan Tinggi Garam

Sebaiknya kurangi, atau bahkan hentikan, ya. Sebab dua makanan ini menjadi penyebab jerawat di kulit. Alasannya, makanan berminyak mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan minyak yang dihidrogenasi. Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk dalam sel tubuh dan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga memicu komedo dan jerawat.

Makanan Tinggi Gula

Makanan manis memang disukai hampir semua orang, tapi bagaimana jika kandungan gulanya terlalu tinggi? Dampaknya bukan hanya bisa menyebabkan diabetes, tapi juga bisa menjadi penyebab jerawat. Hal ini disebabkan karena kadar gula yang tinggi di makanan bisa menyebabkan peningkatan hormon yang akhirnya membuat jerawat muncul. Kandungan gula tinggi juga berpengaruh pada kerusakan serat elastin dan kolagen pada kulit sehingga membuat sel kulit mati dan kotoran menumpuk dan muncul jerawat.

Baca Juga : Tips Mencegah Timbulnya Masalah Maskne

Makanan Olahan Susu

Makanan yang menyebabkan jerawat selanjutnya adalah susu serta produk olahan lainnya yang terbuat dari susu. Meskipun memiliki tinggi vitamin dan berperan sebagai sumber kalsium bagi tubuh, susu dan olahan lainnya seperti keju, yogurt, hingga es krim dinilai mampu meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit. Jadi, mulai sekarang, perhatikan asupan produk susu dan olahan lainnya yang kamu konsumsi agar tidak berlebihan dan menjadi pemicu pada jerawat.

Makanan Pedas

Kamu termasuk pencinta makanan pedas? Sayangnya tidak boleh makan terlalu banyak karena ternyata bisa menjadi penyebab jerawat. Kok bisa? Salah satu alasannya ketika menikmati makanan pedas, apalagi secara berlebihan, adalah bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Pencernaan yang terganggu akan berdampak pada kesehatan kulit, salah satunya menimbulkan jerawat.

Sahabat Novi’s, beberapa makanan pemicu timbulnya jerawat di atas sebenarnya boleh dikonsumsi asalkan dengan kadar yang wajar atau tidak berlebihan. Namun beberapa orang memang mempunyai tipe kulit yang berbeda, timbulnya jerawat pada seseorang pun bukan hanya karena makanan saja. Konsultasikan segera dengan dokter di Novi’s Dermatology untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah kulitmu.

Review by : dr. Novi Arlisma

Rp75.000

Membersihkan dari minyak berlebih dan sisa make-up

Rp75.000

Menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering

Rp125.000

Kandungan AHA membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati

Rp60.000

Pembersih untuk kulit yang mudah berjerawat non-minyak - tidak menjadikan kulit kering

Rp60.000

Pembersih sekaligus pencerah wajah yang mampu mengeksfoliasi kulit secara lembut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI