Perawatan Skincare Dasar untuk Dapatkan Kulit Sehat dan Cerah

Kulit memiliki berbagai peranan penting seperti mencegah kehilangan air, menjaga keseimbangan elektrolit, sistem imunitas, melindungi dari mikroorganisme, ultraviolet, kerusakan mekanis, serta sebagai indra perasa. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan kulit saat ini. Namun sayang sekali ,hal paling mendasar dalam merawat kulit masih simpang siur. Untuk mengetahui mengenai perawatan kulit, mari ketahui terlebih dahulu jenis kulit dari setiap individu.

Tipe Kulit

Secara umum, tipe kulit antara lain :

  1. Normal

Pada kulit normal, komposisi air dan lipid dalam keadaan seimbang sehingga kulit nampak lembut, bercahaya, dan lentur.

  1. Berminyak

Pada kulit berminyak, terdapat peningkatan lipid sehingga tampat berkilau dan pori terlihat lebih lebar.

  1. Kering

Pada kulit kering, terdapat gangguan keseimbangan air dan lipid sehingga kulit terasa kencang, kusam dan tidak bercahaya.

  1. Kombinasi

Pada tipe kombinasi, beberapa area kulit dirasakan kering seperti di area pipi dan mata, namun berminyak di area T (hidung, dahi, dagu)

Untuk menunjang penampilan kulit, tidak perlu melakukan hal yang berlebihan terlebih dahulu. Cukup melakukan perawatan dasar kulit yang bisa diterapkan sehari-hari. Perawatan dasar kulit terdiri dari :

  1. Membersihkan

Proses membersihkan wajah merupakan hal paling awal dari rangkaian perawatan dasar kulit. Saat ini terdapat berbagai macam sabun cuci muka di Novi’s Dermatology salah satunya ialah Novi’s Facial Scrub Brightening. Sabun cuci muka ini dapat membersihkan wajah dan mencegah bakteri pemicu timbulnya jerawat.

Frekuensi ideal untuk membersihkan kulit yaitu 2 kali sehari. Kebiasaan menggosok kulit harus dihindari karena dapat menyebabkan iritasi, gangguan barier kulit dan menyebabkan radang. Tidak perlu sering mencuci wajah, karena kulit juga membutuhkan keseimbangan agar barier kulit tetap terjaga.

Baca Juga : Mengatasi Kulit Kusam Karena Noda Bekas Jerawat

  1. Melembabkan

Setelah proses pembersihan, maka barier kulit akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, hal ideal yang dilakukan setelah membersihkan kulit adalah menggunakan toner dan mengoleskan pelembab. Toner akan meyeimbangkan Ph kulitmu, fungsinya agar wajah tidak terasa kering dan kasar setelah mencuci muka. Toner juga akan membantu penyerapan skincare lain pada kulitmu lebih optimal.

Gunakan Novi’s AHA Toner dan Novi’s Hydrating Gel Moisturizer untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik.

Hidrasi yang memadai sangat penting untuk mempertahankan barier kulit. Pengolesan pelembab paling baik adalah segera setelah mencuci muka. Frekuensi ideal pengolesan adalah 2 kali sehari atau sesering mungkin jika kulit dirasa sangat kering.

  1. Melindungi

Melindungi kulit dapat dilakukan dengan cara menangkal radikal bebas, yaitu pengolesan produk antioksidan topikal, menggunakan tabir surya SPF 30 dan mengkonsumsi antioksidan. Radiasi ultarviolet (UV) merupakan penyebab tersering dari penuaan dini atau photoaging.

Radiasi UVB dapat menyebabkan kerusakan akut berupa sunburn sedangkan jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker. Rasiasi UVB memiliki dampak langsung terhadap DNA sel dan protein, sedangkan UVA dapat merusak fungsi sel dan jaringan.

Untuk mengurangi dampak radiasi dapat dilakukan foto proteksi yaitu menghindari paparan sinar UV terutama pukul 10-14, menggunakan pakaian pelindung, dan menggunakan tabir surya minimal SPF 30. Gunakan Novi’s Suncare agar efek radikal bebas dan proses penuaan dini dapat dicegah.

Review by : dr. Novi Arlisma

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI