Stress Jadi Penyebab Munculnya Jerawat?

Terkadang, stress dan jerawat dapat saling berinteraksi dalam menciptakan kulit yang semakin terlihat memburuk. Beberapa orang , ketika sedang merasa stress akan memegang / menyentuh area wajah seperti dagu, dahi, pipi dan hidung. Dari sinilah jerawat tersebut muncul.

Para peneliti menyimpulkan, keparahan jerawat berkorelasi tinggi dengan meningkatnya stress. Namun, para ilmuwan tidak tahu persis bagaimana stress memperburuk jerawat, yang membuat stress dan jerawat berhubungan. Mereka tahu bahwa sel-sel yang menghasilkan sebum memiliki reseptor untuk hormon stress. Sebum adalah zat berminyak yang bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri untuk menyumbat folikel rambut, yang mengarah ke jerawat atau kista jerawat.

Ternyata, stres juga bisa jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Walaupun belum ada penelitian yang memberikan pernyataan bahwa stres pada remaja dapat menimbulkan jerawat, tapi pada tahun 2003, penelitian dari Universitas Stanford di Amerika menemukan bahwa siswa di sana berjerawat lebih parah ketika memasuki musim ujian.

Baca Juga : Bahaya yang Timbul Akibat Memencet Jerawat

Stres mungkin bukan satu-satunya pemicu awal timbulnya jerawat, tapi stres bisa memperburuk radang pada jerawat. Ketika seseorang mengalami stres, level hormon stres, yaitu Kortisol meningkat. Akibatnya, tubuh memproduksi lebih banyak minyak, yang dapat menyebabkan kulit wajah jadi lebih berminyak dari biasanya.

Mengobati Jerawat Akibat Stress

Mengkonsumsi obat pengurang rasa stress, atau kamu berusaha untuk tidak lagi stress adalah bukan solusi untuk menghilangkan jerawat. Tentunya kamu perlu menggunakan perawatan kulit/skincare yang diformulasikan khusus untuk jerawat. Temukan serangkaian produk yang cocok di kulitmu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Bagi banyak orang, jerawat adalah masalah kronis yang tidak hilang begitu saja setelah tidak merasa stress lagi. Hal ini menjadi masalah jangka panjang yang memerlukan perawatan jerawat, misalnya mendatangi klinik kecantikan dan berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan merekomendasikan beberapa treatment pilihan yang khusus untuk mengobati jerawat.

Di Klinik Kecantikan Novi’s Dermatology sendiri ada beberapa pilihan perawatan terbaik untuk mengatasi jerawat. Sebagai satu satunya Acne Scar and Face Contouring Clinic di Bekasi, Novi’s memfasilitasi berbagai macam treatment dengan skill update dari tenaga dokter profesional. Untuk masalah jerawat (scar) ataupun bopeng, Klinik Kecantikan NOVI’S Dermatology Bekasi menggunakan teknologi terbaru untuk membantu pasien mencapai hasil terbaik.

Review by : dr. Novi Arlisma

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI