Cara Sederhana untuk Mencintai diri Sendiri

Mencintai diri sendiri atau dikenal dengan istilah self love tidak berarti bahwa Anda egois dan mengembangkan kepribadian narsistik yang menyimpang. Akan tetapi, justru Anda menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati namun juga tetap berlapang dada guna merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi.

Sederhananya saja, Anda mencintai diri sendiri wajib harus sepenuh hati dan tanpa syarat apapun. Mencintai diri sendiri berarti bahwa Anda memenuhi segala kebutuhan Anda dan tidak mengorbankan kesejahteraan Anda guna menyenangkan orang lain.

Itu juga dapat berarti bahwa Anda memprioritaskan diri sendiri, percaya pada diri sendiri, jujur atau tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik terhadap diri sendiri, dan memaafkan diri sendiri ketika Anda melakukan hal buruk pada diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri setulus hati, maka Anda akan bisa mendapatkan sejumlah manfaat untuk diri sendiri dan orang sekitar. Anda bisa terbebas dari beban sosial sebab tidak akan membandingkan diri dengan orang lain. Anda pun akan memiliki banyak waktu guna mengurus diri sendiri sehingga menjadi lebih sehat dari segi fisik dan mental. Kesehatan mental dan fisik adalah modal untuk mendapatkan hidup yang lebih nyaman, tentram, aman, dan bahagia.

Dimana, mental yang sehat juga dapat membantu Anda untuk mengurangi risiko berbagai gangguan mental di masa depan, misalnya depresi maupun gangguan kecemasan. Anda juga akan mampu menghadapi segala kesulitan dalam kehidupan sehingga Anda dapat terhindar dari stress yang mungkin saja datang tiba-tiba.

  1. Be Positive

Kamu bisa memulai hari kamu dengan hal kecil yaitu berpikir positif. Contohnya saat kamu bangun pagi, kamu bisa berkata kepada diri sendiri bahwa kamu akan mendapatkan hari yang baik atau kamu juga bisa berkata hari ini kamu akan bahagia. Percaya nggak, dengan berpikir positif maka energi-energi disekitar kamu juga akan berubah menjadi positif!

  1. Merawat Diri Sendiri

Merawat diri sendiri artinya kamu menghargai apa yang ada di dirimu. Merawat diri sendiri pun tak sulit, tidak perlu dengan pergi ke salon mahal untuk melakukan perawatan. Kamu bisa memulai merawat diri sendiri dengan hal yang sangat sederhana, misalnya dengan mencuci wajah dengan Novi’s Facial Wash dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Mencuci wajah akan mengangkat kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati. Dengan begitu wajahmu akan tampak lebih fresh.

  1. Berani Memaafkan

Salah adalah hal yang normal, jadi tidak perlu menyalahkan diri sendiri dan bersedih secara terus-menerus. Belajarlah untuk memaafkan diri sendiri dan bangun kepercayaan diri untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Baca juga :

6 Dampak Buruk Begadang yang Kamu Harus Tahu

 

  1. Mengenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Cara mencintai diri sendiri yang pertama, yaitu dengan menerapkan self love atau belajar mengenal diri sendiri. Anda bisa melakukan dengan mencoba berkomunikasi dan berdamai pada diri sendiri. Setelah itu, temukan berbagai jawaban yang mengganjal. Contohnya, apa yang ingin dicapai, apa ketakutan terbesar, dan apa kekuatan yang Anda punyai.

  1. Memenuhi Kebutuhan Diri Sendiri Secara Baik

Cara mencintai diri sendiri bisa Anda lakukan dengan cara bersahabat dengan diri sendiri, seperti memperhatikan kebutuhan fisik, psikis, rohani, dan mental. Serta juga bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan tubuh. Self love tidak cuma persoalan menerima diri sendiri saja, akan tetapi juga berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik termasuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan pola hidup sehat yang Anda lakukan secara rutin merupakan hadiah dan penghargaan pada diri sendiri. Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda dengan cara mencoba untuk tidur dengan cukup selama 7 hingga 8 jam semalam, makan secara teratur sebanyak 3 kali sehari, melakukan olahraga, sampai meluangkan waktu untuk mengurangi rasa stress dengan cara beribadah atau melakukan meditasi.

  1. Just Be Yourself

Berhenti berusaha menjadi orang lain! Jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain karena setiap orang memiliki kemampuan dan pencapaian masing-masing. Tetaplah menjadi yang terbaik dari dirimu sendiri tanpa melihat apa yang sudah dicapai orang lain.

  1. Be kind

Bukan hanya dengan diri sendiri, tetapi kamu juga perlu berbuat baik dengan orang lain yang berada di sekitarmu. Berbuat baik akan membuat kehadiranmu jadi lebih berarti dan membuatmu merasa lebih bahagia. Jika kamu ingin dicintai banyak orang, maka kamu harus mencintai mereka juga. Cobalah untuk memulai dengan berbuat baik kepada satu atau dua orang yang berbeda setiap harinya, kemudian lihat perubahan yang ada pada hidupmu.

    8. Lakukan Kegiatan yang Kamu Suka

Melakukan hobi yang kamu suka akan memberikan kebahagiaan tersendiri untukmu. Cobalah untuk menekuni hobimu, selama hobi tersebut bukan hal yang membahayakan. Siapa tahu kamu akan menemukan passion dengan menekuni hobi yang kamu suka.

Review by : dr. Novi Arlism

Rp75.000

Membersihkan dari minyak berlebih dan sisa make-up

Rp75.000

Menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering

Rp125.000

Kandungan AHA membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati

Rp60.000

Pembersih untuk kulit yang mudah berjerawat non-minyak - tidak menjadikan kulit kering

Rp60.000

Pembersih sekaligus pencerah wajah yang mampu mengeksfoliasi kulit secara lembut

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERHUBUNG KE CUSTOMER SERVICE KAMI